Posted by : Tya Alfriyanti Kamis, 10 November 2016


Kunyit adalah tanaman herbal tradisional yang rimpangnya paling familiar diantara rimpang herbal yang lain. Tanaman ini bernama latin Curcuma domestica Val selain tanaman obat juga termasuk golongan rempah-rempah. Kunyit menyebar di wilayah Asia khususnya Asia Tenggara, bahkan kunyit sudah menyebar sampai ke Afrika. Umumnya bangsa-bangsa di Asia telah mengkonsumsi kunyit. Biasanya kunyit dikonsumsi dalam bentuk minuman atau jamu tradisional yang biasa di jual oleh ibu-ibu dengan sebutan jamu gendong.
Kunyit tumbuh subur di tanah yang gembur dan pengairannya cukup, dengan kisaran curah hujan 2.000 mm sampai 4.000 mm tiap tahun. Untuk menghasilkan rimpang kunyit yang besar-besar diperlukan tempat terbuka. Umumnya kunyit berwarna jingga, sampai kuning muda.
Tanaman ini memiliki banyak fungsi, ketika kecil saya sudah dikenalkan dengan manfaat kunyit. Kunyit biasa digunakan sebagai obat sakit perut. Umumnya ketika perut rasanya ada gangguan, pastilah dibuatkan jamu kunyit. Saya kira begitu juga dengan pembaca para umumnya, sudah dikenalkan akan manfaat kunyit sejak kecil. Khasiat kunyit yang familiar karena kunyit mengandung banyak senyawa kimia yang diperlukan badan.

Manfaaat Kunyit bagi Kesehatan Tubuh

1. Memperlancar ASI, kunyit dapat dimanfaatkan untuk memperlancar ASI. Caranya 1 rimpang kunyit dilumatkan sampai halus, kemudian dibalutkan disekitar payudara. Diulangi sebanyak 2 kali sehari sampai air susunya lancar.

2. Melancarkan Haid, kunyit dapat digunakan sebagai pelancar haid. Bagi wanita sangat dianjurkan mengkonsumsi kunyit ketika haid agar haid lancar. Cara mengolah kunir untuk memperlancar haid yaitu dengan menyiapkan 2 rimpang kunyit, setengah sendok the ketumbar, setengah sendok the biji pala, setengah genggam daun sri gading. Semua bahan yang telah disiapkan ditumbuk sampai halus, kemudian direbus dengan satu liter air sampai mendidih. Saring kemudian siap diminum. Lebih nikmat diminum dalam keadaan dingin. Diminum 1 gelas sehari.
3. Obat diabetes militus (kencing manis), untuk membuat ramuan kunyit yang difungsikan sebagai obat kencing manis cukup mudah. Caranya siapkan tiga rimpang kunyit+ setengah sendok garam . rebus bahan tersebut dengan satu liter air sampai mendidih. Kemudian saring dan didinginkan. Minumlah rebusan setengah gelas 2kali seminggu.
4. Untuk menambah darah( obat hipotensi/ darah rendah), untuk obat hipotensicaranya beberapa rimpang kunyit diparut, dicampur dengan air matang secukupnya. Kemudian dicampur gula enau, lalu disaring. Ditambah sedikit garam. Air kunyit siap diminum.
5. Obat disentri, kunyit dapat digunakan sebagai obat disentri. Caranya dengan menyiapkan 1 sampai 2 rimpang kunyit, gambir dan kapur sirih secukupnya. Semua bahan yang telah disiapkan direbus sampai mendidih dengan 2 gelas air. Sisakan 1 gelas. Diminum sampai sembuh.

Kandungan atau Senyawa Kimia dalam Kunyit

Dalam rimpang kunyit terkandung senyawa minyak atsiri sebanyak 6%. Minyak atsiri ini mengandung senyawa senyawa monoterpen dan sesquiterpen(meliputi zingiberen, alfa dan beta-turmerone), protein, fosfor, kalium, vitamin C dan besi. Mengandung zat warna kuning yang disebut kurkuminoid sebanyak 5% (meliputi monodesmetoksi kurkumin dan bidesmetoksi kurkumin, kurkumin 50 sampai 60%).
Ketiga senyawa kurkuminoid tersebut, yang merupakan komponen terbesar adalah kurkumin . tak jarang kadar total kurkuminoid dihitung sebagai % kurkumin, karena kandungan kurkumin paling besar dibanding komponen kurkuminoid lainnya. Karena alasanitu beberapa penelitian baik farmakologi maupun fitokimia lebih menekankan pada kurkumin.
Segudang manfaat rimpang kunyit, tidak hanya sebatas yang diulas di atas. Manfaat kunyit untuk kecantikan diantaranya sebagai masker wajah untuk menghilangkan jerawat dan memutihkan kulit serta menghaluskannya. Selamat mencoba khasiat rimpang kunyit.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © APOTEK HIDUP STIKES PAGUWARMAS - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -